Contoh Naskah Drama Bahasa Indonesia

Kalau selama ini saya suka mem-post-kan hal-hal pribadi atau curhatan, kali ini saya akan membuat post tentang Contoh Naskah Drama Bahasa Indonesia. Sekedar untuk referensi atau inspirasi saja. Naskah ini murni saya yang membuat, ya walaupun dengan sedikit bantuan teman-teman saya, untuk koreksi. Naskah drama ini juga sudah pernah saya pakai untuk Ujian Praktek waktu saya masih SMP.

Tokoh : Onde-onde, Nyi Jemblem (ibu Onde-onde), Mbakyu Tagihutang, Klenting Stoberi, Klenting Jeruk

Di suatu desa. Onde-onde, seorang pemuda lajang yang tinggal bersama ibunya, Nyi Jemblem yang sudah janda. Mbakyu Tagihutang, anak rentenir, dan Klenting Stoberi dan Klenting Jeruk, anak konglomerat.
Di jalan.
Mbakyu Tagihutang         : (berkaca) Senangnya, hari ini mau nagih hutang di rumahnya Mas Onde-onde, kalau setiap hari caranya begini, hutangnya nggak dibayar juga nggak apa-apa.
Di teras rumah Onde-onde.
Nyi Jemblem                   : (sambil menyapu) Oalah Le, Le, kamu itu sudah besar, emak ini sudah tua. Kamu itu mbok ya cepat-cepat cari pacar gitu to Le, emakmu ini sudah pengin nggendong cucu.
Onde-onde                      : Oalah Mak, emak itu sudah tua, ngapain sih mikirin pacar saja, wong emak sendiri saja janda, sampai sekarang belum punya ganti gitu.
Nyi Jemblem                   : Lho-lho, kamu ngenyek ya? Makmu ini menjanda sampai saat ini itu karena isih tresno sama almarhum bapak kamu. Udah begini saja, bagaimana kalau besok emak kenalin sama gadis desa sebelah?
Onde-onde                       : Ah, ya sudahlah Mak, boleh.
Nyi Jemblem                   : Nah gitu, anak emak joss!
Mbakyu Tagihutang         : (Tiba-tiba datang) Lho, apa ini jas joss- jas joss ini? Hutang belum dibayar sudah joss-jossan segala.
Nyi Jemblem                   : Lhoh-lhoh, mbak ini tujuannya datang ke sini apa ya? Nyerocos saja.
Mbakyu Tagihutang         : Saya ke sini itu mau nagih hutangmu yang berbulan-bulan belum kamu bayar itu, mana kartu member utangnya?!
Nyi Jemblem                   : Ini (menyerahkan kartu)
Mbakyu Tagihutang         : Lha, biasanya kalau sudah nyerahin kartu, mau dibayar nih hutangnya, mana uangnya?
Nyi Jemblem                   : Hehe, belum ada mbak..
Mbakyu Tagihutang         : Lho, bagaimana to? Nggak bisa pokoknya sekarang!
Nyi Jemblem                   : Lho mbak, kan memang belum ada to mbak, saya belum gajian mbak..
Mbakyu Tagihutang         : Lho, saya nggak mau tahu ya, pokoknya sekarang, ini hutang sudah berbulan-bulan belum dibayar. Gimana ini?!
Onde-onde                      : Eh, mbak jangan bentak-bentak ya! Ini calon mertua! Eh, maaf, ini orang tua mbak!
Nyi Jemblem                   : Heh, le?
Mbakyu Tagihutang         : (Pura-pura marah, dalam hati senang) Apa kamu bilang tadi?
Onde-onde                      : Maaf, salah ngomong.
Nyi Jemblem                   : Besok ya mbak.
Mbakyu Tagihutang         : Besok, besok saja. Nanti kalau saya tagih besok, nanti semoyo-semoyo lagi, besok lagi. Ah sudahlah, besok ya! Bunga 100 %.
Keesokan harinya. Di jalan.
Mbakyu Tagihutang         : Waduh, mau nagih hutang di rumahnya mas Onde-onde nih, bisa awet muda kalau setiap hari begini. Ah, di sini dulu saja.
Onde-onde dan Nyi Jemblem lewat, akan ke desa sebelah.Bertemu Mbakyu Tagihutang di jalan.
Mbakyu Tagihutang         : Eh, ketemu di sini.
Nyi Jemblem                   : Eh, Mbakyu Tagihutang.
Mbakyu Tagihutang         : Sini, kartu member hutangnya.
Nyi Jemblem                   : Ini (menyerahkan kartu)
Mbakyu Tagihutang         : Uang, uang, uangnya!
Nyi Jemblem                   : Hehe, belum ada mbak (menggaruk kepala)
Mbakyu Tagihutang         : Lho, iyakan, mesti seperti itu, janji-janji saja! Lha terus kamu itu mau bayar kapan??
Nyi Jemblem                   : Lho, mbak itu kan tahu, saya itu janda mbak, janda. Jangan sekarang mbak, saya ini sedang mau ada urusan sama anak saya.
Mbakyu Tagihutang         : Memangnya urusan apa?
Nyi Jemblem                   : Saya mau mengenalkan anak saya dengan gadis desa sebelah.
Mbakyu Tagihutang         : Apa?! (terkejut)
Nyi Jemblem                   : Lho, memangnya kenapa?
Mbakyu Tagihutang         : Nggak apa-apa!
Tiba-tiba datang Klenting Stoberi dan Klenting Jeruk.
Nyi Jemblem                   : Eh, Klenting Stoberi sama Klenting Jeruk, kok kebetulan sekali.
Klenting Stoberi             : Eh, ibu, apa kabar bu?
Klenting Jeruk           : Iya bu, apa kabar? (keduanya bersalaman dengan Nyi Jemblem dan Onde-onde)
Mbakyu Tagihutang         : Oalah, ini to yang mau dikenalin?
Nyi Jemblem                   : Iya, memangnya kenapa?
Mbakyu Tagihutang         : Halah, kalau ini mah masih mendingan saya.
Nyi Jemblem                  : Lhoh, mereka ini anak konglomerat nggak kaya kamu, anak rentenir saja, kerjanya cuma nagih hutang.
Klenting Stoberi dan Klenting Jeruk   : Iya, kamu ini anak rentenir saja bangga.
Mbakyu Tagihutang         : Lho, kamu jangan meremehkan ya, usaha rentenir ini sudah turun temurun dari mbah buyutnya mbah buyut saya!
Onde-onde                       : Oalah, ini to mak yang mau dikenalin, mak, wong aku aja kaya artis ibu kota gini kok mau dikenalin sama wajah-wajah ndeso begini, nggak level mak.
Klenting Stoberi             : Lhoh, gimana to mas?! Kok gitu sama kita.
Klenting Jeruk                : Lha iya, kami ini anak konglomerat masa’ dibilang wajah-wajah ndeso.
Nyi Jemblem                   : Lho, lha terus mau kamu gimana le? Mak kan sudah ngasih dua pilihan, tinggal milih masa susah sih?
Onde-onde                       : Hah, udah mak, kalau tau begini, aku milih ini saja! (menggandeng Mbakyu Tagihutang dan pergi)
Nyi Jemblem                   : Lho-lho, le, gimana ini?
Klenting Jeruk                : Lho, bu, gimana ini? Kok jadi begini?!
Klenting Stoberi             : Iya bu, nggak bisa, katanya mau milih kita, lha kok milih anak rentenir itu..!
Nyi Jemblem                   : Aduh, gimana ya ngger? Aduh, ibu minta maaf ngger.
Klenting Stoberi             : Ah, pokoknya saya bilangin ke Romo!
Klenting Stoberi dan Klenting Jeruk pergi.
Nyi Jemblem                 : Aduh, kok bisa jadi begini ya? Ah ndak apa apa lah, ngelanjutin usaha rentenir saja!

*****


Maaf kalau nggak rapi, copas dari words. Ohya, colek Pahlevy Waskithaning Nastiti yang dulunya jadi Klenting Stoberi XD

Enjoooy ^o^
  


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ENZIM | TANYA DAN JAWAB

Culinary Review: The Solchic Solo, Chicken Package Easy Wings

Contoh Resensi Antologi Cerpen (Buku Fiksi)