Baumkuchen : Resep dan Cara Membuat Baumkuchen

Yang mengikuti serial anime ‘Sakurasou no Pet na Kanojo’ pasti nggak asing lagi dengan kue yang satu ini. Yosh, ‘Baumkuchen’ atau kue lapis Jepang, kue yang sangat disukai oleh Mashiro Shiina. Baumkuchen awalnya merupakan kue khas Jerman, tetapi menjadi khas di Jepang karena puluhan tahun yang lalu diperkenalkan sendiri oleh orang Jerman ke Jepang. Baumkuchen sendiri berasal dari bahasa Jerman yang berarti tree cake atau log cake. Dinamakan demikian karena Baumkuchen mirip dengan potongan batang pohon dan memiliki pola-pola berlapis seperti lingkaran tahun di batang pohon. Di Jerman biasanya Baumkuchen dihidangkan pada acara penting dan acara pernikahan.
Original Baumkuchen. (foto : yumarama.com)
Tumpukan Baumkuchen (foto : planet-wissen.de)

Nah, kelihatan enak-enak banget kan?
              
Kali ini, aku akan membagi resep dan cara membuat Baumkuchen buat readers. Check this one out ~
Bahan: 
  1.  7/8 cangkir mentega tawar, lelehkan
  2. 1 cangkir gula halus, diayak 
  3. 7/8 cangkir tepung jagung atau maizena 
  4. 5 1/2 ons pasta almond
  5. 1 1/2 sendok teh vanili ekstrak
  6. Garam secukupnya
  7. 2 butir kuning telur
  8. 6 butir putih telur
  9. 3/4 cangkir gula putih
  10. 3/4 cangkir tepung terigu
  11. 1 ons cokelat
  12. 2 1/2 sendok teh minyak sayur
Cara Pembuatan :
  1. Lelehkan mentega dalam panci. Siapkan loyang yang dialasi dengan kertas perkamen atau kertas roti. Panaskan oven dan siapkan rak di tingkat terendah.
  2. Dalam mangkuk besar, campur mentega dan pasta almond, kocok hingga halus. Tambahkan gula, tepung maizena, vanili, dan garam, campur rata. Tambahkan satu kuning telur, kocok lagi. Ayak tepung di atasnya, dan kocok terus sampai halus.
  3. Dalam mangkuk lain, kocok putih telur hingga lembut. Tambahkan gula perlahan-lahan sambil terus dicocok hingga kaku. Masukkan satu kuning telur dan kocok lagi. Ayak tepung di atasnya, dan aduk.
  4. Sendok sedikit adonan ke perkamen dalam loyang. Dengan kuas pastry, adonan dioleskan tipis. Kemudian panggang sekitar 1 hingga 2 menit. Keluarkan dan olesi kue dengan adonan lagi, dan lakukan hal sama seperti sebelumnya hingga beberapa lapis. Setelah jadi beberapa lapis, baumkuchen original sudah dapat diangkat dan disajikan.
  5. Jika ingin dilapisi coklat, maka panaskan cokelat dan minyak hingga meleleh. Lelehan cokelat ini bisa dioleskan pada setiap sisi kue dan ratakan dengan glasir, lalu biarkan mengering dan dingin dalam lemari pendingin atau kulkas.
  6. Siap disajikan kapanpun yang diinginkan.
Nah, readers tau nggak? Di Indonesia juga ada kedai yang khusus menjual Baumkuchen loh. Kedai ini masih yang satu-satunya di Indonesia, yaitu ‘Otaru Baumkuchen’. Otaru Baumkuchen terletak di di jalan Kemang Raya No 31, Jakarta Selatan. Di Otaru Baumkuchen, kue Baumkuchen terdiri atas empat  varian rasa, yaitu original, chocolate, green tea, dan tiramisu. Untuk kue yang kering, readers bisa memilih ukuran dengan diameter 7 cm (Rp 12.000) atau diameter 15 cm (Rp 30.000). Sedangkan untuk kue yang basah, harganya Rp 18.000 untuk ukuran 7 cm, dan Rp 95.000 untuk ukuran 15 cm. Readers bisa mengunjungi Otaru Baumkuchen mulai pukul 08.00 – 22.00, buka setiap hari.

Note : Info tentang harga dan jam buka Otaru Baumkuchen yang tersedia di atas diperoleh dari http://female.kompas.com/read/2011/04/10/19595758/Baumkuchen.Cake.Jepang.dengan.Manis.yang.Ringan.html

 
Jadi pengin pergi ke Jakarta Cuma buat beli Baumkuchen! 




Tags : Kue Pohon, Log Tree, Baumkuchen, Kue Lapis Jepang, Kue Lapis Jerman 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ENZIM | TANYA DAN JAWAB

Culinary Review: The Solchic Solo, Chicken Package Easy Wings

Contoh Resensi Antologi Cerpen (Buku Fiksi)