Contoh Resensi Buku Nonfiksi

Mengupayakan Penyelamatan Sekolah

Judul buku : Save Our School (57 Langkah Menyelamatkan Sekolah)
Jenis buku : Nonfiksi
Penulis : Andreas Corsinus Eka W, Yustina Novi Kurnianti, dan St. Rokhadi Ariawan
Penerbit : Kanisius
Tahun terbit : Cetakan ke-5, 2012
Kota Terbit : Yogyakarta
Tebal : 164 halaman



Sekolah merupakan tempat utama kita untuk memperoleh pendidikan yang kita butuhkan. Tetapi, bagaimana jika sekolah tidak memiliki fasilitas untuk memperoleh pendidikan yang memadai? Kondisi sekolah di Indonesia sangat mengenaskan. Pada awal tahun 2000, 7.563 ruang kelas SDN di Provinsi Riau rusak, hal tersebut belum termasuk kerusakan sarana/prasarana di Provinsi lain.
                Terlepas dari sarana/prasarana, masih ada masalah yang memperparah pendidikan di Indonesia, yakni fakta yang ada di dalam kelas. Buku ini menjelaskan bahwa masih banyak guru yang mengatrol nilai siswa agar siswa tersebut bisa naik kelas ; tidak memiliki kemampuan untuk mengelola kelas ; mereka mengajar bidang studi yang tidak menjadi bidang kompetensinya. Dari pihak murid, mereka tidak dapat menulis paragraf yang logis, sistematis, dan padu ; mereka masih sangat tergantung dengan teman, dan lain-lain.
Buku karya Mary Susan Miller, Ph.D. yang ditulis kembali oleh Andreas Corsinus Eka W, Yustina Novi Kurnianti, dan St. Rokhadi Ariawan ini mengungkapkan tentang fakta-fakta yang terjadi di sekolah dan solusi-solusi yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kinerja sekolah dan bagian-bagiannya. Solusi atau langkah-langkah yang terdapat dalam buku ini tidak terbatas untuk guru, siswa, atau kepala sekolah saja, tetapi buku ini juga menjelaskan bagaimana orang tua bisa berkontribusi untuk memperbaiki kinerja sekolah anaknya.
Seperti dalam salah satu isinya, menurut buku ini, orang tua dan pihak sekolah sekali-kali harus mengajak anak-anak untuk ikut hadir dalam rapat komite sekolah, ini dilakukan untuk menghindari solusi yang didapat dari hasil yang hanya menduga-duga. Jika anak-anak ikut dalam rapat komite, mungkin bisa dihasilkan solusi yang lebih bijak untuk ketiga pihak.
Keunggulan buku ini adalah menjelaskan bagaimana langkah-langkah untuk menyelamatkan sekolah dari berbagai segi dan untuk semua pihak, selain itu semua subbab dilengkapi dengan penjelasan tentang mengapa hal tersebut harus dilakukan dan bagaimana caranya. Kelemahannya adalah, buku ini kadang-kadang juga menawarkan langkah-langkah penyelamatan sekolah yang sulit untuk dilakukan di kehidupan sehari-hari. Tetapi disamping kelemahannya, buku ini tentunya sangat membantu dan bermanfaat bila diamalkan dalam kehidupan. Bahasa yang digunakan dalam buku ini komunikatif sehingga mudah dimengerti. Buku ini cocok untuk dibaca oleh semua golongan, mulai dari remaja hingga dewasa, terutama orang tua.
  

Komentar

Posting Komentar

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar :D

Postingan populer dari blog ini

ENZIM | TANYA DAN JAWAB

Culinary Review: The Solchic Solo, Chicken Package Easy Wings

Contoh Resensi Antologi Cerpen (Buku Fiksi)