Pertama Kali Ngekost? Baca Yuk Tips-Tipsnya!

Ujian lewat, SNMPTN lewat, SBMPTN sama UMPTN nyusul! Pasti bakal banyak yang ngacir ke kota lain kan? Buat kalian yang pertama kalinya ngekost, bisa disimak nih tips-tips dari saya - anak kost nih. Read carefully :))

1. Bawa hanya barang yang diperlukan saja.
Sebagian besar anak yang perdana ngekost, pasti bingung barang apa saja yang akan dibawa kekost, tapi sekedar saran saja, bawalah barang yang diperlukan saja. Hal ini mencegah kamar kamu penuh dengan barang yang nggak kamu gunakan, apalagi kalau nanti kamu sekamar dengan orang yang belum kamu kenal juga, kasian nanti orangnya risih, hehe.

2. Bawa alat kebersihan sendiri!
Pengalaman nih, pernah saya ngekost di suatu tempat, eh di situ nggak ada sapu, alhasil nggak bisa bersih-bersih. Ujung-ujungnya bawah kasur jadi berdebu banget dan lengket. Waktu itu cuma ada sulak, yaudah karena keadaannya darurat gitu, bersihinnya pakai sulak deh -_-. Kebersihan kamar itu penting lo ya, apalagi kalau kamarmu nanti jadi tempat sholat juga. Jadi, supaya kejadiannya nggak kayak pengalamanku, bawa sapu dan tebah dari rumah ya.

3. Bawa power extension
Nggak kalah pentingnya nih, apalagi buat kamu yang aktif di depan smartphone dan laptop. Daripada ganggu stop contact-nya orang, mendingan bawa power extension dari rumah ya.

4. Bawa sprei dan kaus bantal cadangan
Nah, ini nih yang sering dilupain. Walaupun kelihatannya sepele, tapi ini juga penting. Bawa sprei paling sedikit 2 set, biar nanti kalau satunya dicuci masih ada cadangannya.

5. Bawa obat-obatan pribadi
Kalau ngekost, sekalian belajar 'benar-benar' mandiri. Jangan suka menyusahkan orang lain. Maka dari itu, bawalah obat-obatan pribadi, supaya nggak ngerepoti orang lain. Tapi, jangan segan minta bantuan kalau emang lagi helpless. Eets, jangan lupa bawa vitamin! :)

6. Makanan, makanan, dan makanan
So essential! Jangan lupa belanja makanan instan atau apapun yang bisa disimpan cukup lama. Kenapa? Karena suatu saat kamu akan membutuhkannya, hehehe.. Apalagi jika kost-mu ketat dan jam malamnya nggak asik. Makanan darurat ini bisa bantu kamu untuk survive, misalnya jam malam kost 21.00, kamu baru pulang jam 20.30, sampai kos 20.45, boro-boro beli makanan, buat jalan aja udah nggak nutut buat dateng sebelum jam malam, nah makanan darurat itu akhirnya bisa menolongmu. Contohnya nih : Mie instan, susu, minuman coklat, biskuit, bubur instan, dll.

7. Be friendly and polite
Jangan jadi anak mama yang egois, namanya ngekost juga harus bisa sosialisasi loh. Bertemanlah, maka suatu saat kamu akan terbantu! :) Mandiri bukan berarti kamu mengerjakan semuanya sendiri, ada kalanya kamu harus membantu dan dibantu, dan ada kalanya kamu harus mengalah (misalnya waktu antri kamar mandi). Jangan lupa untuk bersikap sopan ke Ibu atau Bapak Kost, iseng-iseng berhadiah, siapa tau kalau kamu sopan bisa dapat diskon atau makanan gratis? :9

8. Simpan barangmu dengan hati-hati
Bahasa jawanya sih, ojo gletak-gletek maksudnya, kalau punya barang disimpan dengan hati-hati biar nggak hilang dan timbul fitnah. Okay? :)

9. Copy berkas-berkas penting
Jangan lupa copy berkas-berkas penting, seperti kartu keluarga, dll. Suatu saat pasti diperlukan, biasanya nanti kalau sudah menetap di kost, kamu akan dimintai salinan kartu keluarga. Siapkan juga salinan ijazah dan SKHUN yang sudah dilegalisir. Berkas asli tinggal saja di rumah untuk mencegah kehilangan :O

10. Bikin kartu ATM
Semakin jauh dari rumah, semakin penting kartu ATM ini. Nggak mungkin kan masih mau bawa uang saku tunai berjuta-juta di dompet? Lagian lebih aman uang itu tersimpan di bank.


Apalagi ya kira-kira? Ya, saran aja.. Jangan neko-neko di kota orang. Jangan kecewakan orang tua yang sudah membiayai pendidikan dan kost kalian. Okay? ^o^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ENZIM | TANYA DAN JAWAB

Culinary Review: The Solchic Solo, Chicken Package Easy Wings

Contoh Resensi Antologi Cerpen (Buku Fiksi)