Contoh Rancangan Strategi Pemasaran

RANCANGAN STRATEGI PEMASARAN

PRODUK KIRANTI SEHAT DATANG BULAN



A. PRODUCT INSIGHT

1. Unique Selling Preposition (USP)

Kiranti Sehat Datang Bulan merupakan produk dari Orang Tua. Terbuat dari bahan alami dan telah memiliki sertifikasi Obat Herbal Standar BPOM, sertifikasi CPOTB, jaminan keamanan makanan ISO, dan sertifikasi Halal dari MUI. Kiranti Sehat Datang Bulan terbuat dari rimpang kunyit, asam jawa, rimpang kencur, rimpang jahe, gula jawa dan kayu manis. Aturan minum Kiranti Sehat Datang Bulan adalah 1 hingga 2 botol per hari, 3 hari sebelum menstruasi dan 1 hingga 2 botol per hari, 3 hari sesudah menstruasi, perbotolnya berisi 150 ml.

2. Positioning

Kiranti Sehat Datang Bulan merupakan ramuan herbal yang diracik dengan bahan-bahan alami dengan takaran perbotol yang pas, bentuk ramuan herbal yang cair menjadikannya produk yang praktis dan siap dikonsumsi, tidak seperti produk lainnya yang kebanyakan berbentuk ramuan bubuk dalam sachet.

B. TARGET INSIGHT


1. Geografi

Kiranti Datang Bulan didistribusikan ke seluruh wilayah Indonesia.

2. Demografi

a. Jenis Kelamin : Perempuan

b. Umur : 16-25 tahun

26-35 tahun

36-55 tahun

c. Sosial Ekonomi : Menengah

3. Psikografi

a. Motivasi

PMS (Pre-Menstruation Syndrome), pegal linu, sakit di bagian perut merupakan motivasi para target dan konsumen dalam membeli produk Kiranti Sehat Datang Bulan.

b. Harapan

Harapan wanita dari penggunaan Kiranti Sehat Datang Bulan adalah mendapatkan hari-hari datang bulan yang rileks, sehat, dan bebas pegal linu, bebas dari rasa sakit, dan PMS.

C. MEDIA INSIGHT


1. Above The Line

a. TVC

Target dan konsumen Kiranti Sehat Datang Bulan tersebar di seluruh wilayah Indonesia sehingga TVC sangat dibutuhkan untuk menjangkau target pemasaran.

b. Magazine Ads

Target dan konsumen Kiranti Sehat Datang Bulan adalah gadis-gadis dan wanita dalam masa produktif, pemasangan iklan di majalah, khususnya majalah wanita sangat membantu Kiranti untuk menjangkau targetnya.

2. Internet and Mobile Media

a. Webs

Webs digunakan untuk menjangkau target yang tersebar luas di seluruh Indonesia, selain itu Web juga digunakan sebagai wadah info mengenai produk, testimoni konsumen, dan event-event menarik yang dibuat oleh Kiranti Sehat Datang Bulan.

3. Event Media

a. Competition

Kiranti mengadakan kompetisi agar dapat lebih dekat dengan konsumen, hal ini didasari oleh sifat wanita yang senang mengikuti kegiatan yang berpotensi mendapatkan hadiah atau bonus dari pihak tertentu. Contoh dari kompetisi yang diadakan Kiranti adalah Selfie With Kiranti, 21th Kiranti, Kiranti – Momen Pelukanku, dan lain-lain.

D. SKENARIO PEMASARAN

Kiranti Sehat Datang Bulan adalah produk ramuan herbal khusus untuk wanita, dari gadis remaja hingga wanita dewasa. Target Kiranti yang berumur remaja kebanyakan sangat akrab dengan smartphone yang saat ini dapat mengakses internet dengan bebas, maka dari itu Kiranti Sehat Datang Bulan harus melakukan pendekatan melalui internet, khususnya website. Target Kiranti yang berumur dewasa kebanyakan adalah ibu rumah tangga dan wanita karir, untuk menjangkau mereka Kiranti harus melakukan pendekatan melalui TVC, karena wanita dalam usia tersebut dapat dikatakan sering melihat TV dalam kesehariannya. Media lain yang digunakan Kiranti untuk menjangkau targetnya ialah dengan Iklan Majalah, gadis remaja maupun wanita dewasa tentunya sering membaca majalah untuk mengikuti trend dan informasi yang mereka butuhkan, diharapkan iklan majalah dapat menjangkau target pemasaran Kiranti.

Dengan pendekatan melalui media-media tertentu tersebut, target dapat dipastikan akan tertarik dengan produk Kiranti dan membelinya di toko, minimarket, atau supermarket terdekat. Selain penggunaan website, TVC, dan iklan majalah, Kiranti juga mengadakan event-event seperti kompetisi untuk target dan konsumennya agar mereka dapat semakin dekat satu sama lain.

E. MEDIA PLACEMENT AISAS 



_______________________________________________________________________________
LIHAT JUGA :
Contoh Identifikasi Iklan Komersial
Contoh Identifikasi Iklan Layanan Masyarakat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ENZIM | TANYA DAN JAWAB

Culinary Review: The Solchic Solo, Chicken Package Easy Wings

Contoh Resensi Antologi Cerpen (Buku Fiksi)