COPYWRITING: Analisis Iklan TVC AP Boots Safety Cowboy


I.              SCREENSHOT IKLAN TVC
  1. Terdapat dua laki-laki yang berperan sebagai cowboy yang sedang mengadu kecepatan dan ketangguhan mereka dalam menembakkan pistol  ke arah satu sama lain. 

  2. Cowboy dengan jas hitam terlihat bersiap-siap mengambil pistol, terlihat cowboy dengan jas hitam tersebut memakai AP Boots sebagai alas kakinya. 

  3. Sebelum berhasil menembak, ternyata cowboy yang lain terlebih dulu meraih pistol dan berusaha menembak cowboy dengan jas hitam. 
  4. Meskipun demikian, ternyata cowboy dengan baju krem ini yang kalah dalam pertandingan kecepatan. Lalu video di rewind. 
  5. Ternyata, cowboy dengan jas hitam berhasil menangkis pelurunya dengan AP Boots yang dipakainya. 
  6. Muncul scene dengan tulisan “Pelindung jari lapis baja” dengan gambar cowboy yang menangkis peluru dengan AP Boots. 

  7. Selanjutnya muncul scene dengan tulisan “pelindung tapak lapis baja” dengan gambar AP Boots yang menangkis peluru sehingga peluru tersebut memantul kearah lawan. 
  8. Yang terakhir adalah scene di mana muncul gambar produk disertai seri, nama, serta tagline dan slogan produk AP Boots. 


II.           DATA PRODUK
1.      Karakteristik Produk
AP Boots adalah salah satu produk Boots yang di jual di seluruh Indonesia. Dalam iklan TVC ini, seri AP Boots yang diiklankan adalah “Safety Series” di mana produk ini memiliki dua kelebihan yang ditawarkan, yaitu pelindung jari dengan lapis baja, dan pelindung tapak kaki dengan alas baja. Selain itu, AP Boots juga mengklaim dalam iklannya bahwa produknya keren, tangguh, dan nyaman.
2.      Target Market
a.       Demografis
Jenis kelamin     : Laki-laki
Umur                 : 20-50 tahun
Pekerjaan           : Pekerjaan yang memerlukan atribut safety/pekerja lapangan
Sos-eko              : Menengah
b.      Geografis           : Seluruh wilayah Indonesia
c.       Psikografis         : Orang yang berpikir bahwa keselamatan kerja sangat penting,
  orang yang merasa membutuhkan keamanan ekstra saat bekerja.
3.      Positioning
AP Boots adalah salah satu produk sepatu boots yang ada di Indonesia. AP Boots selalu mengunggulkan kekuatan atau durabilitas dari produknya di mana produknya memiliki pelindung tapak kaki dan jari kaki lapis baja yang kuat. AP Boots meyakinkan konsumennya dengan hal tersebut sehingga konsumennya lebih percaya kepada durabilitas AP Boots dibanding produk lain di pasaran.
4.      Kompetitor
Kompetitor dari AP Boots salah satunya adalah New Era Boots, salah satu produsen Boots yang juga pernah mengiklankan produknya lewat media TVC. 
5.      SWOT
a.       Strength
Keunggulan dari produk AP Boots adalah pelindung jari kaki dan tapak kaki lapis besi yang dimilikinya. Selain itu AP Boots juga mengklaim di iklannya bahwa produknya juga dibuat dengan desain yang keren dan nyaman.
b.      Weakness
Dalam iklannya, keunggulan AP Boots yang disorot hanyalah soal ketangguhan atau kekuatannya dalam melindungi jari dan tapak kaki, sehingga belum dapat dipastikan apakah AP Boots benar-benar nyaman dari seri elastisitas dan berat produknya.
c.       Opportunity
Produk AP Boots memang sangat menarik, terlebih AP Boots secara berkala selalu menerbitkan TVC dengan tema dan alur cerita yang menarik. Dengan begitu, AP Boots dapat bersaing di pasaran dengan mengusung kelebihan produknya, karena produk Boots lain jarang menerbitkan iklan TVC.
d.      Threat
Meskipun secara berkala produsen AP Boots mengeluarkan iklan dengan tema dan alur yang menarik, bukan berarti AP Boots bebas dari ancaman berkompetisi. Di pasaran banyak sekali produk sepatu boots yang mungkin bisa lebih disenangi oleh konsumen, contohnya adalah New Era Boots, Pakalolo Boots, dan boots lain yang dijual di toko peralatan dan perlengkapan rumah seperti Ace Hardware. Toko peralatan dan perlengkapan rumah seperti Ace Hardware sangat memungkinkan untuk menjual boots dengan merk-merk tertentu atau produk eksklusif mereka saja sehingga hal ini bisa membuat AP Boots kurang terkenal di kalangan yang suka berbelanja di tempat tersebut.

III.        ANALISIS IKLAN
1.      Jenis Media
Jenis media yang digunakan di iklan AP Boots ini adalah TVC yang merupakan media ATL (Above The Line).
2.      Strategi Media
Dengan menggunakan media iklan TVC, jangkauan iklan akan sangat luas dan menyebar ke seluruh Indonesia di mana wilayah Indonesia merupakan target market dan audiens produk AP Boots. Hal ini memungkinkan AP Boots untuk dikenal di seluruh Indonesia dan diharapkan akan mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli AP Boots.
3.      Target Audiens
a.       Demografis
Jenis Kelamin    : Laki-laki
Umur                 : 18-60 tahun
Sos-eko              : Menengah
b.      Geografis           : Seluruh wilayah Indonesia
c.       Psikografis         : Orang-orang yang memiliki motivasi untuk melindungi
  keselamatan mereka saat bekerja.
4.      Unsur Dasar Iklan
a.       Attention
Iklan TVC AP Boots memiliki alur cerita yang menarik dalam TVC-nya yang dapat menarik perhatian audiens, yakni dengan mangangkat cerita bertema kompetisi kecepatan dan ketangguhan antara dua Cowboy.
b.      Interest
Dengan kelebihan produk yang diangkat AP Boots dalam iklannya, AP Boots dapat menarik minat konsumen. Kelebihan produk yang ditawarkan dalam iklan TVC-nya adalah pelindung jari dan tapak kaki yang berlapis baja.
c.       Desire
Slogan AP Boots adalah “Keren, Tangguh, Nyaman”, dengan slogan yang terdapat pada scene terakhir AP Boots, didukung dengan foto produk yang ditampilkan, AP Boots berpotensi untuk mempengaruhi minat konsumen.
d.      Action
Dengan iklan TVC yang dirancang sedemikian rupa dengan alur cerita, kelebihan produk yang ditunjukkan, slogan, tagline, dan foto produk yang ditunjukkan di dalam TVC, AP Boots sangat berpotensi untuk mempengaruhi audiens untuk melakukan tindakan seperti pembelian produk. Hal ini didukung juga dengan kompetitor-kompetitor AP Boots yang kurang mengandalkan TVC sebagai media iklan mereka.
5.      Gaya Copywriting
Copywriting yang digunakan dalam iklan TVC AP Boots ini adalah argumentatif, yaitu gaya copywriting yang berisi kelebihan-kelebihan produk. Buktinya adalah pada kalimat “pelindung jari lapis baja” dan “pelindung kaki lapis baja”  yang terdapat dalam TVC. Terdapat slogan “Keren, tangguh, nyaman” yang juga terdapat di scene terakhir TVC. Selain itu, gaya copywriting TVC AP Boots ini juga bersifat naratif karena memiliki alur cerita.
6.      Identifikasi Visual
a.       Judul
Judul dari iklan TVC AP Boots ini adalah Safety Cowboy
b.      Slogan
Slogan yang terdapat pada iklan TVC AP Boots Safty Cowboy ini adalah “Keren, tangguh, nyaman” yang menggambarkan kelebihan produk AP Boots.
c.       Tagline
Tagline dalam TVC AP Boots ini adalah “Boots sebenarnya!”
d.      Durasi
Durasi iklan TVC AP Boots Safety Cowboy ini adalah 45 detik.
e.       Setting
Setting dalam iklan TVC AP Boots Safety Cowboy ini adalah di daerah panas di mana biasanya terdapat Cowboy di daerah tersebut. Di dunia nyata, Cowboy dapat ditemui di negara Amerika Utara. Hal ini dilakukan untuk mendukung jalan cerita dari TVC tersebut walaupun secara geografis target market mereka berada di wilayah Indonesia.
f.       Tipografi
Tipografi yang digunakan dalam TVC ini adalah jenis serif dengan karakter huruf yang tebal atau bold di mana karakteristik terkesan kuat untuk mendukung kesan tangguh yang diangkat oleh AP Boots ini.
g.      Talent
Dalam iklan TVC ini, AP Boots menggunakan dua talent pria. Dua pria tersebut berpenampilan sangar layaknya cowboy dengan topi dan atribut lain yang terpasang. Dengan penampilan yang sangar tersebut, diharapkan mampu mewakili dan mendukung jalan cerita dalam TVC AP Boots.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ENZIM | TANYA DAN JAWAB

Culinary Review: The Solchic Solo, Chicken Package Easy Wings

Contoh Resensi Antologi Cerpen (Buku Fiksi)