COPYWRITING: Analisis Iklan TVC AP Boots Safety Cowboy
I.
SCREENSHOT IKLAN
TVC
- Terdapat dua laki-laki yang berperan sebagai cowboy yang sedang mengadu kecepatan dan ketangguhan mereka dalam menembakkan pistol ke arah satu sama lain.
- Cowboy dengan jas hitam terlihat bersiap-siap mengambil pistol, terlihat cowboy dengan jas hitam tersebut memakai AP Boots sebagai alas kakinya.
- Sebelum berhasil menembak, ternyata cowboy yang lain terlebih dulu meraih pistol dan berusaha menembak cowboy dengan jas hitam.
- Meskipun demikian, ternyata cowboy dengan baju krem ini yang kalah dalam pertandingan kecepatan. Lalu video di rewind.
- Ternyata, cowboy dengan jas hitam berhasil menangkis pelurunya dengan AP Boots yang dipakainya.
- Muncul scene dengan tulisan “Pelindung jari lapis baja” dengan gambar cowboy yang menangkis peluru dengan AP Boots.
- Selanjutnya muncul scene dengan tulisan “pelindung tapak lapis baja” dengan gambar AP Boots yang menangkis peluru sehingga peluru tersebut memantul kearah lawan.
- Yang terakhir adalah scene di mana muncul gambar produk disertai seri, nama, serta tagline dan slogan produk AP Boots.
II.
DATA
PRODUK
1. Karakteristik
Produk
AP Boots adalah salah satu produk Boots yang di jual
di seluruh Indonesia. Dalam iklan TVC ini, seri AP Boots yang diiklankan adalah
“Safety Series” di mana produk ini memiliki dua kelebihan yang ditawarkan,
yaitu pelindung jari dengan lapis baja, dan pelindung tapak kaki dengan alas
baja. Selain itu, AP Boots juga mengklaim dalam iklannya bahwa produknya keren,
tangguh, dan nyaman.
2. Target
Market
a. Demografis
Jenis kelamin :
Laki-laki
Umur :
20-50 tahun
Pekerjaan :
Pekerjaan yang memerlukan atribut safety/pekerja lapangan
Sos-eko :
Menengah
b. Geografis : Seluruh wilayah Indonesia
c. Psikografis : Orang yang berpikir bahwa keselamatan
kerja sangat penting,
orang yang
merasa membutuhkan keamanan ekstra saat bekerja.
3. Positioning
AP Boots adalah salah satu produk sepatu boots yang
ada di Indonesia. AP Boots selalu mengunggulkan kekuatan atau durabilitas dari
produknya di mana produknya memiliki pelindung tapak kaki dan jari kaki lapis
baja yang kuat. AP Boots meyakinkan konsumennya dengan hal tersebut sehingga
konsumennya lebih percaya kepada durabilitas AP Boots dibanding produk lain di
pasaran.
4. Kompetitor
Kompetitor dari AP Boots salah satunya adalah New
Era Boots, salah satu produsen Boots yang juga pernah mengiklankan produknya
lewat media TVC.
5. SWOT
a. Strength
Keunggulan dari produk AP Boots adalah pelindung
jari kaki dan tapak kaki lapis besi yang dimilikinya. Selain itu AP Boots juga
mengklaim di iklannya bahwa produknya juga dibuat dengan desain yang keren dan
nyaman.
b. Weakness
Dalam iklannya, keunggulan AP Boots yang disorot
hanyalah soal ketangguhan atau kekuatannya dalam melindungi jari dan tapak
kaki, sehingga belum dapat dipastikan apakah AP Boots benar-benar nyaman dari
seri elastisitas dan berat produknya.
c. Opportunity
Produk AP Boots memang sangat menarik, terlebih AP
Boots secara berkala selalu menerbitkan TVC dengan tema dan alur cerita yang
menarik. Dengan begitu, AP Boots dapat bersaing di pasaran dengan mengusung
kelebihan produknya, karena produk Boots lain jarang menerbitkan iklan TVC.
d. Threat
Meskipun secara berkala produsen AP Boots
mengeluarkan iklan dengan tema dan alur yang menarik, bukan berarti AP Boots
bebas dari ancaman berkompetisi. Di pasaran banyak sekali produk sepatu boots
yang mungkin bisa lebih disenangi oleh konsumen, contohnya adalah New Era
Boots, Pakalolo Boots, dan boots lain yang dijual di toko peralatan dan
perlengkapan rumah seperti Ace Hardware. Toko peralatan dan perlengkapan rumah
seperti Ace Hardware sangat memungkinkan untuk menjual boots dengan merk-merk
tertentu atau produk eksklusif mereka saja sehingga hal ini bisa membuat AP
Boots kurang terkenal di kalangan yang suka berbelanja di tempat tersebut.
III.
ANALISIS
IKLAN
1. Jenis
Media
Jenis media yang digunakan di iklan AP Boots ini
adalah TVC yang merupakan media ATL (Above The Line).
2. Strategi
Media
Dengan menggunakan media iklan TVC, jangkauan iklan
akan sangat luas dan menyebar ke seluruh Indonesia di mana wilayah Indonesia
merupakan target market dan audiens produk AP Boots. Hal ini memungkinkan AP
Boots untuk dikenal di seluruh Indonesia dan diharapkan akan mempengaruhi keputusan
konsumen untuk membeli AP Boots.
3. Target
Audiens
a. Demografis
Jenis Kelamin :
Laki-laki
Umur :
18-60 tahun
Sos-eko :
Menengah
b. Geografis : Seluruh wilayah Indonesia
c. Psikografis : Orang-orang yang memiliki motivasi
untuk melindungi
keselamatan mereka
saat bekerja.
4. Unsur
Dasar Iklan
a. Attention
Iklan TVC AP Boots memiliki alur cerita yang menarik
dalam TVC-nya yang dapat menarik perhatian audiens, yakni dengan mangangkat
cerita bertema kompetisi kecepatan dan ketangguhan antara dua Cowboy.
b. Interest
Dengan kelebihan produk yang diangkat AP Boots dalam
iklannya, AP Boots dapat menarik minat konsumen. Kelebihan produk yang
ditawarkan dalam iklan TVC-nya adalah pelindung jari dan tapak kaki yang
berlapis baja.
c. Desire
Slogan AP Boots adalah “Keren, Tangguh, Nyaman”,
dengan slogan yang terdapat pada scene terakhir AP Boots, didukung dengan foto
produk yang ditampilkan, AP Boots berpotensi untuk mempengaruhi minat konsumen.
d. Action
Dengan iklan TVC yang dirancang sedemikian rupa
dengan alur cerita, kelebihan produk yang ditunjukkan, slogan, tagline, dan
foto produk yang ditunjukkan di dalam TVC, AP Boots sangat berpotensi untuk
mempengaruhi audiens untuk melakukan tindakan seperti pembelian produk. Hal ini
didukung juga dengan kompetitor-kompetitor AP Boots yang kurang mengandalkan
TVC sebagai media iklan mereka.
5. Gaya
Copywriting
Copywriting yang digunakan dalam iklan TVC AP Boots
ini adalah argumentatif, yaitu gaya copywriting yang berisi kelebihan-kelebihan
produk. Buktinya adalah pada kalimat “pelindung jari lapis baja” dan “pelindung
kaki lapis baja” yang terdapat dalam
TVC. Terdapat slogan “Keren, tangguh, nyaman” yang juga terdapat di scene
terakhir TVC. Selain itu, gaya copywriting TVC AP Boots ini juga bersifat
naratif karena memiliki alur cerita.
6. Identifikasi
Visual
a. Judul
Judul dari iklan TVC AP Boots ini adalah Safety
Cowboy
b. Slogan
Slogan yang terdapat pada iklan TVC AP Boots Safty
Cowboy ini adalah “Keren, tangguh, nyaman” yang menggambarkan kelebihan produk
AP Boots.
c. Tagline
Tagline dalam TVC AP Boots ini adalah “Boots
sebenarnya!”
d. Durasi
Durasi iklan TVC AP Boots Safety Cowboy ini adalah
45 detik.
e. Setting
Setting dalam iklan TVC AP Boots Safety Cowboy ini
adalah di daerah panas di mana biasanya terdapat Cowboy di daerah tersebut. Di
dunia nyata, Cowboy dapat ditemui di negara Amerika Utara. Hal ini dilakukan
untuk mendukung jalan cerita dari TVC tersebut walaupun secara geografis target
market mereka berada di wilayah Indonesia.
f. Tipografi
Tipografi yang digunakan dalam TVC ini adalah jenis
serif dengan karakter huruf yang tebal atau bold di mana karakteristik terkesan
kuat untuk mendukung kesan tangguh yang diangkat oleh AP Boots ini.
g. Talent
Dalam iklan TVC ini, AP Boots menggunakan dua talent
pria. Dua pria tersebut berpenampilan sangar layaknya cowboy dengan topi dan
atribut lain yang terpasang. Dengan penampilan yang sangar tersebut, diharapkan
mampu mewakili dan mendukung jalan cerita dalam TVC AP Boots.
Komentar
Posting Komentar
Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar :D