Catatan Perjalanan: Sunrise di Pantai Krakal, Kuliner di Pantai Drini Lengkap dengan Budget-nya


Hai, Guys.

Beberapa waktu yang lalu aku sama Mas baru aja pergi ke salah satu pantai di Gunung Kidul untuk liburan tipis-tipis. Iya, tipis waktu dengan budget ketat, sebenarnya nggak terlalu ketat juga sih, tapi setidaknya terukur.

Nah, kali ini aku mau berbagi tentang lokasi liburan, pembagian waktu, budget dan aktualisasinya. Simak ya!

Lokasi
Karena kami berangkat sore hari dan ingin melihat sunrise, kami memutuskan untuk pergi ke pantai yang didekatnya banyak penginapan. Akhirnya kami memutuskan untuk pergi ke Pantai Krakal, yaitu salah satu pantai di Gunung Kidul. Kebetulan pantai ini memang spot yang tepat untuk melihat sunrise.

Di pinggir Pantai Krakal ini cukup banyak penginapan, dari yang murah sampai yang mahal ada dengan berbagai fasilitas yang berbeda pula. Malamnya kami makan seafood, karena kalo ke pantai nggak makan seafood itu kurang banget rasanya, hehehe.

Cumi bakar, seporsi 25 ribu

Udang asam manis, seporsi 25 ribu

Di pantai ini terdapat satu bukit batu karang yang bernama Bukit Jujugan. Biasanya orang naik ke sini untuk melihat pantai dari atas atau melihat sunrise.

Sunrise di Pantai Krakal

Sunrise di Pantai Krakal

Ramai karena musim liburan

Keliatan rada kurus, senengnya

Bawa hammock juga bisa

Childhood is when everything seems so simple

Selain pergi ke Pantai Krakal, kami juga pergi ke Pantai Drini yang jaraknya sangat dekat dengan Pantai Krakal, Pantai Sepanjang, dan Pantai Watu Kodok.

Di Pantai Drini terdapat banyak kios yang menjual gorengan seafood dan kuliner lainnya, banyak kapal nelayan di pantai-nya, di sini juga ada bukit karang. Bedanya dari Bukit Jujugan, untuk naik ke bukit karang yang ada di Pantai Drini ini harus membayar uang tambahan sebesar 2.000 rupiah.

Pentol bakar paling enak di Pantai Drini!!

Intinya, kalau kalian mau menikmati sunrise, basah-basahan, lari-lari santai di pantai, dan nge-camp, kalian bisa memilih Pantai Krakal untuk destinasi kalian. Tapi jika kalian ingin berwisata kuliner, silahkan pergi ke Pantai Drini!

Oya, sewaktu di Pantai Krakal kami sempat kecewa karena banyak sekali sampah di dekat Bukit Jujugan. Fyi, dekat Bukit Jujugan ini biasanya dibuat untuk nge-camp orang-orang. Jadi, mohon ya, kalian yang mau nge-camp di pantai, tolong habis nge-camp sampahnya dibuang ke tempat yang semestinya. Sedih, sampe kami fotoin sampah-sampahnya. Jadilah turis yang cerdas!

Sedihlah

Malu sama turis LN

Please, bawa sampah kalian sendiri-sendiri

:((

Plastiiiik

Waktu

29 Juli 2018
17.00 Berangkat dari Jogja
19.00 Sampai di Pantai Krakal dan mencari penginapan
20.00 Pergi ke pantai, melihat bulan yang kebetulan sedang cantik-cantiknya perlahan naik ke atas
20.30 Makan malam
21.00 Istirahat

1 Juli 2018
04.30 Bangun
05.00 Pergi ke Bukit Jujugan untuk melihat sunrise
06.30 Sarapan Indomie Telur dan Susu Jahe
07.30 Pulang ke penginapan, nerusin tidur
09.30 Check out. Main ke Pantai Krakal
11.00 Main ke Pantai Drini
12.00 Pulang
14.00 Sampai Jogja lagi


Budget
Sebelum pergi ke Pantai Krakal dan Drini, kami menyusun budget agar tahu berapa rupiah yang harus kami bawa. Berikut adalah list budget kami:
Bensin : 50.000
Makan : 120.000
Tiket : 40.000
Penginapan : 200000
Total : 410.000


Berikut adalah aktualisasinya:
Bensin : 26.000 (20rb + ban 6rb)
Makan : 146.000 (60rb (cumi bakar, udang asam manis, 2nasi) + 21rb ( 2 indomie telur, susu jahe) + 10rb ( pentol ) + 12rb ( degan utuh ) + 33rb ( cumi goreng ¼kg, rumput laut goreng 1ons) + 10rb (pentol jahat))
Tiket : 23.0000 (20rb ( tiket masuk kawasan 2 orang ) + 3rb (parkir))
Penginapan : 100.000
Tak terduga : 26.600 (alat mandi 2 orang)
Total : 321.600
Sisa : 88.400


Kami memang melampaui budget di bagian makan, itu karena kami memang gampang tergoda makanan, apalagi waktu pergi ke Pantai Drini dan melihat jajaran seafood goreng siap makan. Duh, kami nggak kuat, belum lagi ada pentol bakar yang enak banget, satu tusuk harganya 2.500 rupiah, tapi worth it banget! Tapi overall, budget kami masih sisa!

Kalau ada yang mau ditanyakan boleh, silahkan chat langsung dari blog! Thank you, don't forget to leave comments below!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ENZIM | TANYA DAN JAWAB

Culinary Review: The Solchic Solo, Chicken Package Easy Wings

Contoh Resensi Antologi Cerpen (Buku Fiksi)