The Unfail Fail Holiday



Hai, kawan.

   J
adi, aku mau cerita liburanku yang gagal, tapi juga nggak gagal. Bingung? Sama :p. As you know, seharusnya aku liburan ke Jember, tapi gara-gara rencana nggak mateng, H-2 aku mengganti destinasi, lagipula tiket kereta api ke Banyuwangi udah habis. Sebenernya aku nggak tau, kenapa kita harus beli tiket Banyuwangi, sedangkan destinasinya Jember! Tapi, baru-baru ini aku tahu, ternyata Stasiun Jember Cuma melayani kereta dari Banyuwangi dan sekitar Jember. Ooh.. banting setir ke Gunung Kelud! H-2, H-1 lewat. Everything seemed fine, BUT HIM! Pagi-pagi salah satu temen nelpon, kalo kita kayaknya nggak bisa ke Kelud, soalnya yang empunya rumah tumpangan pergi ke Pacitan.. Kacau, kacau. Mau dibawa ke mana liburan kita! (0A0W). Alright then, daripada pulang lagi dan malah nggak boleh berangkat besoknya, akhirnya aku sama Dinda mutusin buat pergi ke Jogja. Dari awal nih ya, sebenernya aku nggak mau ke Jogja, pasalnya setahun ini aku udah ke sana 6 kali (7 kali tambah ini). Tapi, berhubung cuma Jogja yang rutenya bener-bener jelas dan aku udah sedikit banyak hapal, jadi kita ke sana. Aku sama Dinda udah seneng nih, pergi cuma berdua, hehe. Eh, ternyata si cecunguk itu (Vaiz) jadi ikut, well nggak apa-apa deh.
            Jam 8 kurang, kita berangkat dari depan Asrama Haji, Mdn, naik bis *tiiiit*. Syukur, aku sama Dinda nggak harus berdiri lama-lama, tapi si Vaiz nggak dapet tempat duduk nih, siaaan. Habisnya dia juga sih, nggak cekatan cari tempat duduknya, setiap kali ada penumpang yang turun, dia ngalah terus (apa males?). Sian banget, berdiri sampek Sragen, akhirnya aku ngalah nih, aku berdiri, dia duduk sama Dinda... dan mereka tepar. Malaikat Mikail emang nggak pernah jahat sama aku, nggak lama aku berdiri, sampai terminal Solo banyak penumpang yang turun, dan kita bisa oper ke tempat duduk 3 seat.
            Seperti biasa, jalan raya Solo dan Jogja macet, nggak hari biasa nggak hari libur. Kita sampai di terminal Giwangan sekitar jam setengah 2 siang. Beh, normalnya jam 12an udah sampai loh. Habis itu, kita makan dulu di dalem terminal. Terminal Giwangan tempatnya bersih kok, jadi jangan khawatir sama kualitas makanannya. Setelah makan, kita take Shuttle bus ke Malioboro... dan sialnya, kita nunggunya lama banget. Selain armadanya lagi kurang, jalan kota terutama sebelum tugu, macetnya nggak ketulungan. Akhirnya dari halte radius ± 3km kita males transit dan jalan kaki ke Malioboro. Tepuk tangan buat pahlawan yang nyaranin buat jalan kaki (plok-plok-plok). Karena dia, kita jadi sadar kalo punya kaki. Karena dia, kita nggak usah nunggu busway lama-lama (bisa ampe sejaman loh).
            Kita punya kenalan nih di Jogja, dan syukurnya kita dicariin penginapan sama beliau. Deeh, makasih banget Kak! Kakak ini dosen di UNY, teman. Alumni dari Smaga dan Laspraga. Dan yang nggak percuma lagi, buat Scout Lovers, di Jogja kita bisa beli atributnya HW.
HW? Apakah itu? HW atau Hisbul Wathan adalah organisasi yang 11-12 dengan Pramuka, bedanya, HW ini yang memprakarsai adalah Muhammadiyah (iya, kan Din, Iz?). Atributnya hampir sama kayak Pramuka, ada Scarf, ring, tanda kecakapan khusus, topi, dll. HW punya beberapa struktur yang nggak sama kayak Pramuka, mereka juga punya pola semaphore pribadi di luar semaphore universal. Seragam atasannya berwarna coklat, bawahannya biru tua, buat penegak scarfnya berwarna hijau dan putih.
Back to holiday. 1st day.
Karena udah sore, sampai di penginapan kita langsung mandi sama solat, habis itu kita jalan-jalan dan nyoba mampir ke kedai HW yang ada di jalan KH. Ahmad Dahlan. Sayangnya kedai itu ternyata pindah ke jalan Kauman. Akhirnya kita ngotot ke sana. Jalan agak ngebut soalnya takut-takut kalo kedainya udah tutup.. dan ternyata emang udah tutup. Gah... kita balik ke pertigaan jalan KH. Ahmad Dahlan, kita tanya apakah ada toko atribut pramuka di sekitar situ. Dan kita menemukannya, hampir tutup sih. Hehe. Aku, Dinda, sama Vaiz dapet scarfnya HW, tongkat semaphore dan pramuka dari bambu kuning. Di Madiun nggak ada loh yang kayak gitu. Akhirnya kita pulang dengan selamat.
2nd day.
Yak, kita bangun kesiangan. Sengaja sih, nikmati aja liburan~  . Kita baru selesai mandi jam 7 lebih dan check up jam 8. Pertama, kita isi bensin dulu nih, habis itu ke Benteng Vredeburg, rugi nih kalo belum ke Museum Benteng Vredeburg, biaya masuknya cuma Rp. 2000,-/orang, buat anak kecil Rp. 1000,-. Walaupun tiket masuknya tergolong sangat murah, tapi dalemnya bagus banget. Ada 4 diorama tentang  kejadian penting yang terjadi pada masa penjajahan Belanda dan Jepang di Indonesia. Setiap diorama dilengkapi dengan AC, jadi jangan khawatir bakal kepanasan di dalem. Di setiap miniatur peristiwa penting ada keterangan yang ditulis lengkap di monitor touch screen. Ada banyak benda replika maupun asli yang dipajang di dalamnya, mulai alat dapur, koin, hingga berbagai macam seragam. Keren dah. Habis itu, kita mampir sebentar ke kedai suvenir yang ada di dalam kompleks Benteng, si Dinda pengin banget beli miniaturnya ‘sesuatu’ tapi nggak jadi. Siannya dia nyesel tuh nggak jadi beli.
Setelah puas dengan Museum Benteng Vredeburg, kita pergi ke jalan Kauman buat nengok kedai HW yang sebenarnya. Dan bener aja, di sana tersedia semua atribut HW. Dinda sama Vaiz yang tingkat kegilaan pramukanya level tinggi langsung nyerbu aja, sedangkan aku udah puas sama buruanku yang kemarin, di sini aku cuma beli ring yang ada logonya HW aja sih.
Dan.. TARAA! Ini dia saat yang aku tunggu dan inginkan. Tamansari. Udah berkali-kali ke Jogja, tapi belum nyicipin Tamansari. Beautiful spot. Arsitektur bangunan Tamansari nggak main-main loh, semua bagian dibuat sedemikian rupa karena ada tujuan dan fungsinya, ukiran di dinding-dinding Tamansari juga bukan main rumit, detail, dan indahnya. Tiket masuknya Cuma Rp.3000,- . Kebetulan kita ditemani seorang guide yang udah sepuh, untungnya beliau udah berpengalaman banget dan komunikatif. Kereen, kereeeennya dapet! Ada dua spot favoritku yang ada di Tamansari. Pertama, di bangunan yang paling tinggi. Di sana kita bisa liat awan, rumah-rumah dan bangunan Tamansari lainnya dari atas sambil diterpa semilir angin Jogja, kyaaa. Kedua ada di apa ya namanya? Masjid bawah tanahkah? Lupa, pokonya ada beberapa tangga yang menyatu di bagian tengah bangunan itu. Di Tamansari ini ada sumur yang konon katanya kalo kita nyeburin koin di dalemnya, kita bakal dapet pacar baru loh. Mau nyoba, Mblo? Kalo aku mah nggak :D syirik noh ;p. Bagi yang udah punya pacar nggak boleh nyoba ini tapi. Soalnya.. Hii, ngeri dah :O. Di perjalanan, guide kami juga membagi beberapa cerita dari dibangunnya Tamansari sampai fungsi dan tujuan dari bentuk bangunan.
Well, dari semua yang aku alami di Jogja, aku cuma paling benci di Stasiun dan di kereta :D
Jam 18.25 kita udah ada di atas kereta, jam 11.50 kita sampai di Madiun dengan selamat.
Maaf, kawan. Ada beberapa bagian cerita yang kepotong. Capek ngetiknya nih :D

Foto Nyusul deh :O

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ENZIM | TANYA DAN JAWAB

Culinary Review: The Solchic Solo, Chicken Package Easy Wings

Contoh Resensi Antologi Cerpen (Buku Fiksi)