Pancake a la Anak Kost

Halo, Folks. Kali ini aku bakalan bagi-bagi resep Pancake a la anak kost, hehe. Induk resep ini aku dapet dari Resep Pancake Standar dari blognya Ibu Muda Bijak. Hihi, mau juga dong jadi ibu muda bijak, segera, hahaha. Jadi sebab musababnya kemaren malem saya nekat bikin pancake di kost adalah karena kecewa sama mie instan yang aku bikin, mie instan rasa sate katanya tapi ampun deh rasanya :(

Hihi, langsung aja ya aku jelasin resepnya


Bahan :

200 gram tepung terigu protein sedang (Contohnya Segituga Biru)
1 sdm gula (Ini standar pancake yang pakai saus, kalo pengin pancake tanpa saus yang manis bisa ditambah lagi gulanya)
1 sdt baking powder (Supaya pancake bisa ngembang dan teksturnya lebih lembut)
1/4 sdt garam
25 gram mentega / butter dicairkan dulu (Sesuai selera aja sih, kalo aku suka mentega karena baunya jadi gurih)
225 ml susu cair (Kalo dikost adanya susu bubuk, pakai susu bubuk aja, yang fullcream jangan yang susu kental manis, terus ditambah air sebanyak 225 ml.)

Alat :

Whisker
Teflon / Wajan anti lengket


Cara membuat :

1. Campur tepung terigu, gula pasir, garam, dan baking powder. Aduk rata.
2. Tuang campuran telur dan susu cair. Aduk sampai adonan tercampur rata dan lembut dengan spatula atau pengocok tangan (whisker). Tambahkan mentega cair, aduk kembali hingga rata. Diamkan adonan sesaat (sekitar 5 menit), aduk kembali adonan pancake saat akan dimasak.
3. Panaskan pan / wajan dengan api sedang. Tuang sekitar 1-2 sendok sayur adonan pancake ke dalam wajan datar anti lengket selama 2-5 menit, hingga pancake terlihat mengembang atau hingga bagian bawahnya berkulit kecokelatan. Balik pancake sampai sisi satunya juga berkulit kecokelatan. Angkat. Biarkan dingin.
4. Kreasikan pancake yang sudah jadi dengan saus, krim keju, atau apapun topping kesukaanmu.




Hasil kemarin malem :
Maklum anak kost, nyairin mentega aja pake setrika :3 hehe

Adonan yang udah jadi, udah tercampur merata semua.

Jadinya cantik kok, aku bikin tanpa baking powder, jadi nggak ngembang :3

Dikos adanya susu kental manis coklat, yaudah toppingnya itu aja :')


Selamat berkarya ^ ^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ENZIM | TANYA DAN JAWAB

Culinary Review: The Solchic Solo, Chicken Package Easy Wings

Contoh Resensi Antologi Cerpen (Buku Fiksi)