Cara Mengatasi Missing Font di Corel Saat akan Mencetak

Pernah banget udah capek-capek desain yang bagus dan sesuai tapi saat akan dicetak font-nya malah hilang? Pasti banyak orang pernah mengalaminya. Saya akan memberikan tips untuk menghindari atau mengatasi missing font, khususnya pada kamu pengguna corel.

1. Minta Operator Untuk Menginstall Font
Gampang saja, tinggal copy file font kamu ke flashdisk, lalu sebelum mencetak mintalah operator cetaknya untuk menginstall fontnya terlebih dahulu. Tidak membutuhkan waktu lama, beberapa detik saja font sudah bisa terinstall. Masalahnya, kadang-kadang operatorpun bisa menolak dengan alasan tertentu, atau operatornya pun jangan-jangan malah tidak tahu cara menginstall font? Padahal mudah saja, klik kanan pada file font yang akan diinstal - lalu klik Install. Setelah itu font kamu nggak akan hilang lagi saat akan dicetak.

2. Jadikan Kurva (Curves)
Menghindari hal yang tidak diinginkan, missing font, dan apabila operator cetak menolak install font, cara ini adalah cara yang mungkin paling aman untuk dilakukan. Pada dasarnya, missing font terjadi karena tidak adanya ketersediaan font yang ada dipercetakan, dan pada dasarnya font=text, jadi untuk menghindari tersebut, kita ubah saja text tersebut menjadi curves, dengan syarat, pengubahannya kalau sudah fix akan dicetak, supaya tidak ribet. Caranya adalah dengan klik kanan pada text, lalu klik Convert to Curves. Maka jadilah text tersebut menjadi curves dan kamu tidak perlu khawatir lagi dengan bayang-bayang missing font.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ENZIM | TANYA DAN JAWAB

Culinary Review: The Solchic Solo, Chicken Package Easy Wings

Contoh Resensi Antologi Cerpen (Buku Fiksi)