Catatan Perjalanan: Bandung Geological Museum / Museum Geologi Bandung

Hello, Guys!

Guys, udah pada pernah main ke Museum kan? Nah, kali ini aku mau share pengalamanku saat mengunjungi Museum Geologi di Bandung. Seperti apa sih Museum Geologi itu? Yuk, simak!

Museum Geologi Bandung terletak di Jalan Diponegoro No. 57, Cihaur Geulis, Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat. Museum ini buka dari hari Senin – Kamis pada jam 08.00 – 16.00, sedangkan hari Sabtu – Minggu buka pada jam 08.00 – 14.00. Tarif masuknya termasuk murah banget, saat itu aku datang pada hari Sabtu dan hanya membayar tiket seharga 3000 rupiah per orang, parkirnya juga gratis. Dengan 3000 rupiah itu kamu sudah dapat menikmati informasi dan ilmu yang telah tersedia di Museum Geologi Bandung.


Pertama-tama aku dan si mas masuk di ruangan yang terdapat berbagai macam bebatuan, di dalam ruangan ini telah tersedia banyak sekali jenis-jenis batuan plus keterangannya, selain itu proses pembentukan batuannya pun juga turut dijelaskan. Yang menarik perhatianku adalah etalase kaca yang di dalamnya terdapat batu-batu mulia, batu-batu itu indah sekali dan didatangkan dari berbagai daerah. Mulai dari amethyst, opal, granit, dan batu-batu lain yang nggak bisa aku sebutin satu-satu.


Selain batu-batuan yang indah tadi, ada juga berbagai macam batuan endapan, batuan dari lava, stalaktit, stalakmit, batu gamping, duh pokonya banyak banget deh. Aku pun sebenarnya juga kurang menguasai geologi, makanya nggak usah banyak fafifu, takut salah nanti ngomongnya, hehehe. Mendingan datang langsung ke Museum Geologi ya jika penasaran!


Nah, beranjak dari ruang yang penuh bebatuan, aku dan si mas pergi ke sisi lainnya yang membahas dan memajang berbagai fosil maupun benda-benda prasejarah lainnya. Di bagian ini kami melihat fosil-fosil yang telah dikelompokkan berdasarkan jaman terbentuknya, kebanyakan adalah fosil hewan laut, kerang, dan tumbuhan. Selain itu, terdapat juga fosil dinosaurus, kura-kura purba, kerbau, dan masih banyak lagi, hanya saja aku nggak ngerti apakah fosil dinosaurus ini asli atau hanya replika saja. Hehehe.





Di lantai dua juga terdapat dua ruang, satu ruang digunakan untuk memajang koleksi bebatuan juga sedangkan ruang lainnya digunakan untuk memajang benda-benda yang berhubungan dengan erupsi gunung, ada juga wahana untuk simulasi gempa tapi waktu aku ke sana wahana itu sedang diperbaiki, jadi nggak bisa nyoba deh. Di lantai dua ini saya lupa detailnya, daripada penasaran datang aja langsung ke Museum Geologi Bandung.

Menurutku, Museum Geologi Bandung ini sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata edukasi keluarga, selain harga tiketnya murah, kamu dan keluarga juga bisa mendapatkan ilmu pengetahuan juga. Sudah tertarik untuk mengunjungi? Yuk, tunggu apa lagi?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ENZIM | TANYA DAN JAWAB

Culinary Review: The Solchic Solo, Chicken Package Easy Wings

Contoh Resensi Antologi Cerpen (Buku Fiksi)