Catatan Perjalanan: Bandung Planning Gallery

Hi, Guys! Haaah, udah lama banget sejak terakhir kali saya main ke Bandung, udah terhitung beberapa bulan lah, padahal dulu sering banget main ke Bandung (pssstt…). Nah, kali ini saya ingin share pengalaman saya berkunjung ke Bandung Planning Gallery.

Pintu masuk BPG
Bandung Planning Gallery (BPG) terletak di Jl. Aceh No. 36, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat. Bandung Planning Gallery merupakan salah satu destinasi wisata edukasi yang resmi dibuka untuk umum pada tanggal 1 Agustus 2017 lalu. Dilansir dari pikiran-rakyat.com, gedung yang sekarang merupakan gedung BPG dulunya adalah gedung DPRD Kota Bandung. BPG dibuka untuk umum dan gratis, dari hari Senin-Sabtu, pukul 09.00 – 16.00.


Dikutip juga dari pikiran-rakyat.com, BPG merupakan tempat bagi Pemkot Bandung untuk menyajikan rencana pembangunan Kota Bandung ke depan, dan yang tengah dibangun sekarang. Meskipun namanya merupakan Bandung Planning Gallery, namun Bandung tempo dulu juga terpapar di BPG, alasannya agar masyarakat mengerti mengapa Bandung yang sekarang seperti ini karena dulunya seperti itu.

Nah, waktu saya mengunjungi BPG, mula-mula saya disuruh untuk mengisikan identitas saya di buku tamu, eeeits tapi buku tamunya bukan buku tamu biasa, karena buku tersebut bukan berbentuk buku, melainkan suatu program yang terdapat dalam komputer.

Kesan pertama saat saya melihat isi dari BPG adalah “Keren!”. Gallery yang simple namun modern, ditambah pelayanan yang sangat ramah. Dinding-dinding dari BPG dihiasi dengan vector-vector yang lucu dan keren. Selain itu, BPG dilengkapi dengan teknologi yang canggih yang memudahkan pengunjung untuk memahami informasi yang disediakan.


Mula-mula, terdapat beberapa monitor di dinding yang memutar sejarah dan keadaan Kota Bandung, lalu di sudut ruangan terdapat semacam photo booth dengan teknologi AR yang dapat dimainkan, yaa, setelah bermain mini quiz, photo booth secara otomatis akan mengambil foto kita dan meng-upload foto tersebut ke Halaman Facebook Bandung Planning Gallery.

Photo booth dengan teknologi AR

Setelah bagian tersebut, terdapat monitor besar dengan teknologi touchscreen yang didalamnya berisi informasi mengenai yang ingin ditujukan BPG ke pengunjung. Di lorong setelahnya, terdapat beberapa monitor yang memutar video-video lanjutan dari lorong pertama. Setelah itu, terdapat dua teknologi VR Glasses yang dapat dinikmati pengunjung, dengan memakai VR Glasses tersebut, pengunjung diajak untuk memahami dan mensimulasikan sesuatu (penasaran? Makanya, yuk kunjungi BPG!)


Di tengah-tengah gallery, terdapat semacam diorama/peta Kota Bandung yang dilengkapi dengan teknologi canggih, di mana pengunjung dapat melihat lokasi-lokasi kota Bandung. Sedangkan di sampingnya terdapat maket Kota Bandung. Di sisi lain terdapat photo booth lagi, kali ini tidak usah memainkan mini quiz, cukup tekan tombol “Snap”, maka timer camera akan berhitung mundur dan Anda harus siap-siap untuk berfoto. Hasil dari photo booth ini juga dapat di kirim ke email dan secara otomatis foto-foto tersebut akan ter-upload ke Halaman Facebook Bandung Planning Gallery.



Selain itu, di pojok ruangan terdapat suatu tempat yang dapat digunakan pengunjung untuk meninggalkan pesan. Anda dapat menulis di lembaran post-it yang telah disediakan dan tempel di tempat yang ada. Nah, jangan lupa tinggalkan pesan dan kesan juga di monitor/komputer yang telah disediakan oleh BPG untuk pengunjung ya.

Buat gambarannya, silahkan lihat video di bawah ini ya:



Gimana? Tertarik untuk mengunjungi Bandung Planning Gallery? Yuk dah nggak usah mikir dua kali, selain informasi, Anda juga bisa mendapat ilmu di tempat ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ENZIM | TANYA DAN JAWAB

Culinary Review: The Solchic Solo, Chicken Package Easy Wings

Contoh Resensi Antologi Cerpen (Buku Fiksi)