One Paper One Idea: Pasar Panggungrejo Sebagai Pusat Bisnis Kreatif Mahasiswa

Sebenarnya, tulisan ini adalah tugas kuliah saya 2 tahun yang lalu. Sekedar ingin berbagi, dan kabar baiknya, kini Pasar Panggungrejo telah berbenah, banyak mahasiswa maupun pemuda-pemudi yang memulai bisnisnya di sana.

Source : hdqwalls.com

Beberapa hari yang lalu saya telah survey ke Pasar Panggungrejo, Pasar Panggungrejo terletak di Jl. Surya Utama, Kecamatan Jebres, Surakarta. Pasar Panggungrejo memililiki letak yang cukup strategis, yaitu dekat dengan kampus dan kompleks kost mahasiswa. Saat ini Pasar Panggungrejo belum dimanfaatkan secara maksimal oleh warga sekitar, di dalamnya hanya ada kios kecil, warung nasi goreng, warung ayam bakar, warung jamu, dan beberapa kios lainnya. Padahal masih banyak sekali kios-kios yang tidak terpakai. Kekurangan dari Pasar Panggungrejo adalah kurangnya kebersihan dan keterawatannya.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan dan menambah penerangan pada Pasar Panggungrejo, serta mengecat ulang Pasar Panggungrejo sehingga terlihat lebih menarik. Selanjutnya ialah merapikan paving Pasar Panggungrejo, sehingga memudahkan mobilitas pengunjung dan menambah kenyamanan pengunjung. Selanjutnya, jika perbaikan Pasar Panggungrejo sudah dilakukan, maka kegiatan Bisnis Kreatif Mahasiswa pun bisa terlaksana.

Sudah sangat banyak mahasiswa yang merintis bisnisnya di bidang perdangangan atau jasa. Dengan kreativitas yang dimiliki mahasiswa dan semakin mudahnya mahasiswa dalam menerapkan ilmu desain, pastilah tidak sulit bagi mereka untuk memulai bisnis di Pasar Panggungrejo. Pasar Panggungrejo hanya butuh sedikit polesan untuk menarik konsumen. Ditambah lagi, untuk menarik konsumen mahasiswa juga tidak akan kesulitan, karena letak dari pasar tersebut juga sudah strategis, berita dari mulut ke mulutpun bisa menambah angka konsumen mereka.

Setelah saya amati, walaupun saya tidak melakukan interview dengan pemilik kios di Pasar Panggungrejo, di amati dari kios-kios sederhana yang ada di dalamnya, biaya sewa dari kios Pasar Panggungrejo mungkin terjangkau bagi mahasiswa. Ini adalah kesempatan bagi mahasiswa untuk membuka bisnis kreatif di pasar tersebut. Bisnis kreatif tersebut bisa berupa bisnis kuliner, distro, jasa desain, jasa pengetikan dan fotocopy, toko baju dan aksesoris, toko make up, persewaan majalah dan komik, toko tas, dan lain sebagainya. Bisnis kreatif ini tentu saja harus dilakukan dengan pengemasan yang menarik, mulai dari logo, gerobak, etalase, dan promosi yang menarik lainnya yang bisa mengambil hati para konsumen.

By : Erlian Zakia Ayu Anggarani

Tahun 2015

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ENZIM | TANYA DAN JAWAB

Culinary Review: The Solchic Solo, Chicken Package Easy Wings

Contoh Resensi Antologi Cerpen (Buku Fiksi)