Pasang Aquarium di Kost Budget Under 200K

Hello, Guys!

Semester tua emang ngejenuhin banget ya, entah itu laporan, entah itu tugas akhir atau skripsi, semuanya bikin stress!

Hmm. Tapi aku punya solusinya nih, buat ngilangin sedikit kejenuhan dan stress kamu di sela-sela tugas negara yang seabrek itu.

Jawabannya adalah : pasang aquarium!
Aquariumku, airnya belum aku penuhin lagi. Kalo penuh tampilannya lebih cakep lagi.

Kenapa?

Menurutku, aquarium dan ikan-ikan lucu di dalamnya bisa jadi hiburan tersendiri lho. Meskipun kita cuma memandang ikan-ikan kecil yang berenang, tapi dijamin bakal meluruhkan sedikit rasa jenuh dan kesal di diri kalian nih. Terbukti dari temenku yang habis kuliah atau habis nge-lab hampir selalu dateng ke kamar aku sebentar buat liat dan ngasih makan ikan. Katanya, dengan liat ikan-ikan di aquariumku dia bisa lebih tenang gitu.

Anyway, aquarium ini aku nggak beli sendiri sebenarnya, kado ultah dari kesayangan. Hahaha, beda dari yang lain emang ya? Tapi justru aku suka, karena dengan aquarium ini aku bisa ngelatih tanggung jawabku, ngelatih miara makhluk lain, dll. ❤

Pengin tau apa aja yang diperlukan buat pasang aquarium? Simak ya!

Peralatan dan perlengkapan :
- Aquarium
  Aquarium yang aku pake adalah aquarium kaca biasa ya dengan p x l x t 40 x 20 x 25 cm
- Filter
- Lampu neon
  Aku pake yang 3 warna
- Batu alam
  Macamnya banyak, ada yang item, ada yang warna warni, ada yang kayak batu pantai.
- Dekorasi
- Tanaman air
- Ikan-ikan
  Ikan macamnya banyak ya harganya juga bervariasi, tapi aku beli yang murah, lol.
- Pakan ikan
   Aku pake Takari
- Jaring
  Aku pake jaring ukuran kecil karena ikanku juga nggak gede.

Dengan budget under 200K, kamu udah bisa punya aquarium lengkap lho, Guys. Rinciannya sebagai berikut :

 Ingat. ini cuma harga kurang lebih ya, dan ini harga rata-rata di Pasar Depok, Solo per Januari 2017. Jadi mungkin di kota kalian agak beda harganya.

1. Aquarium kaca 40 x 20 x 25 cm + filter + lampu neon + kapas filter (sepaket) : 150.000
2. Batu alam 2 bungkus kecil : 10.000
3. Dekorasi 1 buah : 5.000
4. Tanaman air 1 pot : 5.000
5. Ikan komet 3 ekor : 18.000
6. Pakan ikan : 5.000
7. Jaring : 5.000
Total 198.000

Yuk yuk pasang!
Tanaman air dan dekorasi itu cuma opsional yaa, tanpa dekorasi dan tanaman air harganya bisa lebih murah lagi ❤

Tentang Aquarium dan Perawatannya :

1. Karena ada filter, jadi air nggak gampang kotor. Bisa dikuras sekitar 3 minggu sekali.
2. Kapas filter bisa diganti 3 minggu sekali atau kalo udah kotor banget harus diganti. Harga kapas filter sekitar 5.000 rupiah, dapat 3 lembar.
3. Filter macet? Mungkin cuma kotor, bisa dibersihkan kipasnya/bagian dalamnya. Kalo nggak tau, tanya yg jual filter aja, insyaallah mereka mau jelasin kok.
4. Aquarium sebaiknya didiamkan 24 jam sebelum ikan dimasukkan.
5. Selain untuk menjaga kebersihan aquarium, filter juga berfungsi untuk membantu pernapasan ikan.
6. JANGAN memasukkan ikan yang terlalu kecil ke dalam aquarium dengan filter, karena ikan kecil akan kesusahan untuk berenang di dalam aquarium yg ada filternya (pengalaman pribadi). Sebaiknya beli yang ukurannya 10-12 cm.
7. JANGAN memberi makan ikan berlebihan. Kasih makan ikan 2 kali sehari, sekali makan satu ikan cuma butuh sedikit butir ya 3-8 butir itu cukup untuk ikan ukuran 10-12 cm.
8. Baca artikel mengenai ikan hias ya, soalnya ada beberapa ikan yang tidak bolen dicampur di satu aquarium.

***

Apabila ada pertanyaan, cukup comment di bawah dan akan aku jawab sebisanya. Thanks for reading!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ENZIM | TANYA DAN JAWAB

Culinary Review: The Solchic Solo, Chicken Package Easy Wings

Contoh Resensi Antologi Cerpen (Buku Fiksi)