Culinary Review: Manuk Londo, Hidangan Khas di Cupuwatu Resto | Kuliner Jogja

MANUK LONDO?

Pertama kali mendengar kata itu, apasih yang terbesit di kepala kalian? Hayo ngaku! Hehehe. Kali ini aku akan memperkenalkan sekaligus mereview salah satu kuliner hits dan khas di Jogja ini, manteman.

Manuk Londo atau juga dikenal dengan Burung Prancis (French Quail) ini adalah salah satu hidangan special di Cupuwatu Resto Jogja yang berlokasi di Jl. Solo km 11,8 Purwomartani, Kalasan, Sleman. Meskipun banyak yang menyebutnya sebagai burung puyuh, tapi nyatanya Manuk Londo ini LEBIH dari sekadar burung puyuh lho. Ukuran Manuk Londo dan tekstur dagingnya berbeda dari burung puyuh pada umumnya, karena Manuk Londo punya ukuran yang lebih besar dengan tekstur daging yang lembut.


Cupuwatu Resto. Credits to : Cupuwatu Resto

Di Cupuwatu Resto, terbanyak berbagai menu-menu olahan Manuk Londo (selanjutnya aku singkat Malon), diantaranya adalah, Malon Bumbu Kuning, Malon Bakar Bacem, Malon Bakar Sumatera, Malon Bakar Klaten, Malon Peking, Malon Oriental, Malon BBQ, Malon Cabe Kemangi, Malon Halilintar, Gudeg Malon, dan tidak lupa salah satu menu barunya yaitu Malon Kriuk Cabe Ijo.

Baca juga: Culinary Review | Waroeng Steak Jakal, Gg. Pandega Karya Jogja

Meskipun banyak sekali menu berbahan dasar Malon, tetapi Cupuwatu Resto tetap menyediakan berbagai pilihan menu dengan bahan dasar lainnya. Ada olahan daging, ikan, ayam, sayuran, serta snack dan minuman yang menyegarkan.

Malon Bumbu Kuning, Salad Buah, dan Lumpia Sayur
Beberapa hari yang lalu aku berkesempatan untuk menyantap beberapa menu dari Cupuwatu Resto, yaitu Malon Bumbu Kuning, Salad Buah, Lumpia Sayur, dan segelas Es Teh Tawar (minuman wajibku). Untuk rasa, jelas Malon Bumbu Kuning ini enak banget karena memang Malon Bumbu Kuning ini Malon yang Best-Seller di Cupuwatu Resto, dagingnya lembut, bumbunya meresap sampai ke dalam, bahkan ke tulang lho. Selain itu porsinya juga besar, pokoknya ngenyangin banget, kalau kalian nggak biasa makan banyak, lebih baik pesannya nasi setengah saja ya, karena Malonnya sendiri udah ngenyangin. Sambal bawangnya juga fresh, enak, dan asinnya juga pas.

Untuk Salad Buahnya, jujur aja, setiap kali mampir ke Cupuwatu Resto, aku selalu pesan Salad Buahnya karena emang seenak itu. Lumpia sayurnya juga lumayan enak kok, meskipun sebenarnya isian sayurnya juga nggak banyak, tapi aku suka kulitnya yang kriuk, apalagi kalau dimakan waktu masih panas.

Nah, bagi kalian yang kebetulan sedang di Jogja atau tinggal di Jogja, jangan lupa cicipin Manuk Londo di Cupuwatu Resto ya! Wajib banget pokoknya, karena kuliner Manuk Londo ini cuma ada di Cupuwatu Resto aja. Selain itu Cupuwatu Resto juga nyediain paket untuk rombongan besar dan kecil, ada ruang meeting, dan ada menu coffee break. Kurang apalagi coba? Hehehe.

Salah satu ruang meeting di Cupuwatu Resto. Credits to : Cupuwatu Resto

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ENZIM | TANYA DAN JAWAB

Culinary Review: The Solchic Solo, Chicken Package Easy Wings

Contoh Resensi Antologi Cerpen (Buku Fiksi)