Catatan Perjalanan: Bosscha Observatory Lembang | Observatorium Bosscha

Hey Readers, udah pernah nonton Petualangan Sherina kan? Pasti udah dong. Kali ini aku akan bercerita tentang pengalamanku berkunjung ke Bosscha Observatory atau Observatorium Bosscha. Bosscha Observatory adalah lembaga riset yang berda di bawah naungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ITB. Hingga saat ini, Bosscha Observatory merupakan satu-satunya observatorium terbesar di Indonesia. Bersama-sama dengan Program Studi Astronomi, FMIPA ITB, Bosscha Observatory menjadi pust penelitian, pendidikan, dan pengembangan ilmu Astronomi di Indonesia. 
Bosscha Observatory
Bosscha Observatory ini terletak tepatnya di Jalan Peneropong Bintang, Lembang, Kabupaten Bandung Barat dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Bosscha Observatory menerima kunjungan perorangan maupun rombongan. Terdapat dua kunjungan, yaitu kunjungan malam dan kunjungan siang. Di program kunjungan siang, pengunjung dapat melihat cara kerja teleskop Zeiss (tidak meneropong) dan mendapat informasi astronomi di ruang multimedia. Pengunjung harus mendaftar terlebih dahulu dengan biaya Rp 15.000,00/orang. Di program kunjungan malam, jika langit cerah pengunjung dapat melihat cara kerja teleskop Zeiss (tidak meneropong), mendapat informasi astronomi di ruang multimedia, dan meneropong langsung dengan teleskop portable. Pengunjung harus mendaftar terlebih dahulu dengan biaya Rp 20.000,00/orang. Program kunjungan ini semuanya mempunyai jadwal tertentup.

Lihat jadwalnya di sini -> Jadwal Kunjungan Bosscha Observatory

Teleskop Zeiss, photo by me
Nah, kebetulan saya mengikuti kunjungan siang beberapa waktu yang lalu (udah lama sih, tahun 2015 hehehe). Di sana saya mendapatkan ilmu dan pengalaman yang tentunya tidak saya dapatkan di sekolah. Saya sangat senang bisa berkunjung ke Bosscha Observatory, saya bisa melihat Teleskop Zeiss yang besar sekaligus melihat cara kerjanya walaupun tidak meneropong. Selain itu saya juga bisa bernostalgia tentang masa kecil saya, tentang Petualangan Sherina, film favorit masa kecil yang sangat populer. Jika ada kesempatan, saya pasti akan ke sana lagi untuk kunjungan malam. 

Masih di Bosscha Observatory
Untuk Anda yang berencana berwisata keluarga, tambahkan Bosscha Observatory ke dalam travel list Anda, karena selain menghibur kunjungan ini juga menambah wawasan Anda dan keluarga tentang ilmu Astronomi! 

Untuk info mengenai akses dan lokasi, klik link berikut -> Akses dan Lokasi Bosscha Obsevatory

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ENZIM | TANYA DAN JAWAB

Culinary Review: The Solchic Solo, Chicken Package Easy Wings

Contoh Resensi Antologi Cerpen (Buku Fiksi)