Catatan Perjalanan: Wisata Hutan Pinus Cikole Lembang PAL 16

Hey Readers! Sudah sekian lama saya nggak nulis catatan perjalanan karena aktivitas kampus dan tetek-bengeknya yang super padat. Malam ini, saya memutuskan untuk menuliskan pengalamanku ketika berkunjung ke salah satu tempat wisata hutan pinus yang termasuk baru diresmikan sekitar bulan Juli 2016 di daerah Bandung, yaps, tepatnya adalah Wisata Hutan Pinus Cikole Lembang PAL 16.

Wisata Hutan Pinus ini terletak di pinggir jalan raya yang menghubungkan Bandung dengan Kabupaten Subang. Selain terletak di pinggir jalan raya, wisata hutan pinus ini ternyata juga terletak di antara deretan objek wisata yang terkenal di Lembang, yaitu di antara -Ciater, Gunung Tangkuban Perahu, Cikole Jayagiri Resort- dan -Terminal Wisata Grafika Cikole, Bandung Treetop Adventure, Maribaya.

Photo by Kucing Alien
Mengingat tempatnya yang sangat mudah dijangkau, wisata hutan pinus PAL 16 ini selalu ramai pengunjung. Sebagian pengunjung yang datang adalah wisatawan yang ingin beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanannya ke objek wisata lain, sebagian lagi adalah orang yang sengaja mampir untuk menikmati keindahan hutan pinus ini. Tempat ini memang sangat dianjurkan untuk wisatawan-wisatawan yang ingin sejenak melepas penat.

Selain tempatnya yang indah, hutan wisata ini juga telah dilengkapi fasilitas seperti tempat duduk dan beberapa warung untuk membeli makanan dan minuman ringan. Selain itu, wisatawan juga dapat menyewa hammock/ayunan dengan harga Rp 10.000,00 sehingga wisatawan bisa berbaring santai di ayunan tersebut. Tiket masuk hutan wisata ini juga tergolong murah, per orangnya kalau tidak salah sekitar Rp 5000,00, belum termasuk biaya parkir.

Yuk tonton video singkat saya tentang Wisata Hutan Pinus Cikole Lembang PAL 16 berikut!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ENZIM | TANYA DAN JAWAB

Culinary Review: The Solchic Solo, Chicken Package Easy Wings

Contoh Resensi Antologi Cerpen (Buku Fiksi)