Culinary Review: Nasi Pecel Sarangan, Magetan

Halooo, Manteman!

Adakah kenikmatan lain selain nasi pecel anget di pagi hari, dimakan di pinggir telaga, ditemani dinginnya hawa lereng Gunung Lawu?

Beberapa hari yang lalu saya dan teman saya pergi ke Sarangan untuk sejenak melepas penat. Satu pengangguran, satunya pejuang skripsi. Kami sama-sama penat, saya yang nggak kunjung dapet kerjaan dan dia yang lagi sumpek sama skripsinya. Larilah kami ke lereng Gunung Lawu, tapi bukan untuk semedi, Guys. Buat makan-makan ngomongin bisnis yang kita rintis bersama.

Kami sampai di Sarangan relatif pagi, toko-toko dan pasar belum ramai, tapi sudah ada penjaja makanan seperti nasi pecel, sate ayam, sate kelinci, gorengan anget, dan warung-warung kecil di pinggir telaga.

Setelah memarkir motor, kami bergegas mencari sarapan, tentu saja yang pertama terlintas di benak saya adalah nasi pecel. Sembari saya memesan nasi pecel, teman saya memesan seporsi sate kelinci tanpa lontong, tapi dia membeli nasi putih di penjual nasi pecel. Hahaha.

Saat membeli nasi pecel, si penjual akan membebaskan kita memilih kulupan atau sayuran rebus dan lauknya. Saya memilih daun bayam, kembang turi, dan capar. Sedangkan untuk lauknya saya memilih tempe goreng tepung, rempelo ati, dan rempeyek dele. Kombinasi itu nantinya akan disiram dengan sambel kacang yang endeus bangeeet.


Karena di sekitar tempat wisata, saya sudah menyiapkan uang 20.000 untuk nasi pecel dengan lauk sesuka hati itu, tapi ternyata saya hanya perlu membayar 10.000 saja. Relatif murah, kan?

Setiap kali ke Sarangan, saya nggak pernah melewatkan sarapan nasi pecel, walaupun penjualnya berbeda-beda tapi rasanya selalu enak. Apalagi di makan di pinggir telaga. Uuuhhh. Mau lagi.

Selain nasi pecel, kuliner Telaga Sarangan yang lain juga banyak, antara lain bakso, ronde, sate ayam, sate kelinci, roti bakar, jagung bakar, ketan yang dibubuhi gula dan bubuk kedelai, pisang bakar, dlsb. Adapun oleh-oleh khas Telaga Sarangan yaitu carang mas, kripik telo ungu, enting-entinh jahe, berbagai macam sayuran segar, dlsb.

Tertarik untuk mengunjungi Telaga Sarangan? Yuk, kesini bareng keluarga!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ENZIM | TANYA DAN JAWAB

Culinary Review: The Solchic Solo, Chicken Package Easy Wings

Contoh Resensi Antologi Cerpen (Buku Fiksi)